July 9, 2013

Tour Surabaya-Bali-Malang: Day 2 (Part 1)


Assalamualaikum Wr. Wb.
3 Juli 2013, hari kedua di Pulau Dewata. Turun ke lobi tepat sesuai jadwal. Jam 7. Ternyata kita yang pertama hadir di lobi. Emang kerajinan. Foto-foto dulu di luar hotel. Eh nggak taunya malah diajakin sama pihak hotel, foto bareng mbak-mbak tjakep.

Tujuan pertama rombongan kali ini adalah Krisna, salah satu pusat oleh-oleh khas Bali yang terkenal. Terletak dekat sekali dengan hotel, tinggal jalan ke belakang dan taraaa. Diberikan waktu sekitar 2 jam oleh pihak travel untuk memuaskan hasrat belanja atau sekedar cuci mata.


Usai belanja barang, sejenis baju, selimut, tas, gantungan kunci, lukisan, atau yang sejenisnya, tujuan berikutnya adalah Cening Bagus. Toko oleh-oleh makanan khas Bali. Di sana diberikan tester di dalam toples-toples kecil yang tersedia. Icip-icip sesuka hati. Saya mau bawa satu toples tester seandainya nggak dilarang sama Mbak Yunik.

Awalnya, parkiran Cening Bagus kosong. Yes! Belanja nggak berdesak-desakan. Karena berdasarkan pengalaman di Karang Kurnia, rombongan lain juga ikut memenuhi sehingga rasanya sesak sekali.
Kosong nih kosong
Saya dan teman-teman mengitari daerah pai susu yang sedang ngetren di Bali. Kata Mbak Yunik juga sih. Sedang kebingungan memilih pai susu keluaran brand apa yang enak, tiba-tiba ada yang menyenggol lengan saya. Cewek berblazer biru. Saya lihat sekeliling, entah dari mana datangnya rombongan ini dan sejak kapan mereka di sini, entahlah. Semua berpakaian sejenis; almamater universitasnya.

Belanja tidak leluasa lagi. Antrian di kasir membludak. Tarik nafas aja susah. Saya dan Fitri memutuskan untuk kembali ke bus duluan setelah sebelumnya sudah mengabari Ayu lewat sms. Keluar dari pintu dan langsung melongo, suer deh, tadi parkirannya kosong. Sekarang antar bus Cuma cukup celah buat dimasuki satu orang. Padaaaattts.

Saya dapat sale pisang keju. Lamaaaa sekali ngidam ini, kebetulan di Banjarmasin biasanya saya dapat yang enak itu di Tahu Sumedang. Tapi akhir-akhir ini sale pisang sudah tidak dijual lagi karena bahan baku yang terbatas. Sekali dapat, langsung saya makan. Saya lapar.

Cukup lama menanti anggota rombongan yang lain kembali ke bus, setelah semua lengkap, perjalanan dilanjutkan. Jam makan siang sebenarnya masih lama, tapi menuruk Mbak Yunik, saat tiba di restoran yang menjadi tujuan berikutnya, rombongan akan pas tiba saat jam makan siang.

Makan siang masih sekitar 2-3 jam lagi, alhasil saya tidur sepanjang perjalanan dengan headset menutup telinga. Sampai akhirnya Mbak Yunik membangunkan rombongan dengan microfonnya, “Sebentar lagi kita akan tiba. Restorannya memang terletak agak di ujung, tapi kami sengaja mencari yang pemandangannya dapat dinikmati sambil menyantap hidangan makan siang…”.

Saya memandang ke luar, daerah pegunungan. Jalannya menanjak dan samping kanan-kirinya banyak tanaman jeruk. Mbak Yunik masih meneruskan, “….. udaranya dingin-dingin empuk. Jadi, bagi yang merasa tidak tahan atau sedang tidak terlalu sehat, bisa menggunakan jaketnya.”

Saya keukeuh nggak pakai jaket. Saat turun dari bus langsung disergap angin yang beneran deh dinginnya buseeet. Kalau udara dari ac bus sudah cukup dingin, maka ini lebih dingin lagi. Tembus sampai tulang. Berhubung juga badan saya tulang doang -_-
Hidangan yang disediakan prasmanan. Catatan buat makan prasmanan; nggak perlu jaim. Ambil semua yang tersedia selagi piring masih muat. Pisang goring, bubur ketan, sampai lumpia saya masukkin semua.

Sampai di meja, saya pandangi piring Dini, Fitri dan Ayu. Saya ngakak. Pikiran kita sama aja, Cems. Dasar nggak mau rugi. Terlalu fokus dengan makanan, saya baru saja melihat secara detail pemadangan di kanan restoran. Gunung Batur dan danaunya terlihat indah meski sedikit berkabut. Saya menggigil kedinginan sambil menyendok sup. Berbincang ringan seputar makanan yang ada di piring.


Usai makan, bersiap shalat. Langsung kaget pas wudhu. Airnya nggak dingin-dingin amat, tapi udara yang menyergap sehabis basah berwudhu itu yang bikin gemetar.
Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...