July 30, 2013

Tips Mudik Alakadarnya


Assalamualaikum Wr. Wb.
Berhubung sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya jika dikeseluruhan postingan yang pernah saya terbitkan, mengandung unsur SARA, menyinggung perasaan teman-teman pembaca (berasa dah ngetop aja nih saya), menyindir produk-produk makanan/minuman, menyediakan foto-foto yang menyakitkan mata, atau apapun lah, sesungguhnya itu adalah suatu ketidaksengajaan yang batasnya tipis sekali dengan sengaja, hehe.

Namanya juga manusia ya, nggak lepas dari salah dan khilaf #Pencitraan #NyariAlasan. Semoga kita semua masih diberi umur yang panjang sehingga dapat bertemu lagi dengan bulan Ramadhan ditahun-tahun berikutnya. Amin.

Seperti tahun yang sudah-sudah,keluarga saya pasti dapat parcel dari kantor Bapa. Lumayan jadi kudapan tiap habis teraweh. Kali ini Bapa bawa parcelnya sendiri ke rumah, tidak seperti tahun kemarin. Nih baca di Parcel.

Biasanya, dekat-dekat Hari Raya, semua pasti berkeinginan pulang kampung atau bahasa gaulnya; mudik. Saya nggak mau kalah juga deh sama berita-berita yang ngalor-ngidul memberikan tips mudik.

Niat
Iya. Dimana-mana harus punya niat kali. Mau shalat, mau makan, mau bobok, mau boker juga pakai niat. Kenapa harus punya niat? Karena dengan niat, akan terbitlah perencanaan mengenai mudik itu sendiri.

Rencana yang Matang
Seperti yang sudah saya katakan di nomor  1, Anda harus memiliki perencanaan yang matang. Seperti misalnya; mudik tanggal sekian, jam sekian, transportasi yang digunakan, budget yang diperlukan, dll.

Periksa Kesehatan Diri
Ini penting apalagi jika Anda memutuskan untuk mengendari motor/mobil sendiri. Nggak lucu kan kalau Anda yang nyetir tapi muntah-muntah karena mabuk perjalanan.

Periksa Kesiapan Kendaraan
Bukan hanya manusia yang mau mudiknya aja yang harus siap lahir dan batin, tapi kendaraan yang digunakan juga. Jika memungkinkan, periksakan mobil/motor Anda ke bengkel terdekat. Meminimalisir kecelakaan. Dimana-mana kan ada tuh slogan yang ‘Mencegah lebih baik daripada diem aja’.

Bawa barang seperlunya
Ini juga penting apalagi kalau Anda mudik menggunakan motor.  Ya nggak papa sih kalau mau bawa-bawa kulkas sekalian, gendong aja di punggung, sekarepmu. Biasanya, beban motor tidak untuk membawa barang yang terlalu berat. Satu koper atau travel bag cukup lah. Kalau malas, bisa aja nitip sama keluarga yang mudiknya pakai mobil. Tapi nggak disarankan untuk keluarga yang mobilnya sudah penuh. Yang ada, keluarga yang dititipin malah mencak-mencak nggak ikhlas karena nggak ada ruang lagi buat duduk.

Bawa Obat-obatan
Nah ini wajib. Apalagi kalau Anda mengajak serta anak kecil mudik, karena biasanya mereka lebih rentan sakit. Bawa obat-obatan seperlunya, seperti obat sakit kepala, obat lebam, obat masuk angin, balsem, obat mabuk perjalanan, obat mabuk cinta.

Bawa Makanan Ringan
Sejenis permen kapas, gulali, atau permen karet gitu. Nggak lah, maksudnya disini makanan ringan yang bisa mengganjal perut. Sangat disarankan bagi yang mudik menggunakan mobil. Bisa saja sewaktu-waktu macet diluar dugaan Anda, dan lapar biasanya datang jika sedang bosan menunggu. Penting membawa makanan karena tidak memungkinkan untuk turun dan mencari Mas-mas yang jual cangcimen-cangcitut (kaCANG kuaCI perMEN-kaCANG kuaCI kenTUT). *susah ih ngetiknya huuffftt*.

Jangan Menggunakan Perhiasan
Kejahatan terjadi karena ada kesempatan, bukan karena ada niat. Kecuali emang pencurinya udah niat dari sononya -_-

Jangan Membawa Uang
Belum selesai, sabar coy. Maksud saya adalah jangan membawa uang segepok di dalam tas/saku/jok motor/dasbor mobil. Sama seperti sebelum-sebelumnya, ingat pepatah mencegah lebih baik daripada diem aja. Kalaupun terpaksa karena nggak ada ATM atau apapun, bisa dipisahkan di beberapa tempat. Pokoknya jangan tok di satu tempat aja nyimpannya. Dititipin ke saya juga boleh.

 Berdoa
Sekeras dan secerdas apapun manusia berencana, Allah-lah yang menentukan bagaimana ending-nya. So, dari sekian banyak tips diatas, yang terpenting adalah yang terakhir ini; jangan pernah lupa untuk berdoa.

Sekian tips mudik ala saya, jika ada tambahan silahkan tambah sendiri. Semoga mudiknya lancar, menyenangkan, dan selamat sampai tujuan. Aminnnn. Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...