April 16, 2013

DreamCatcher : Designing The Blueprint


Assalamualaikum Wr. Wb.
Melanjutkan postingan DreamCatcher: Inventing Your Dream kemarin, kali ini saya akan membahas bab Designing The Blueprint.


Make your plans
Sudah memiliki mimpi dan berhasil menggambarkannya di kepala? Kita bisa melanjutkan proses “penciptaan impian” ini dengan membuat rencana untuk merealisasikannya. Sebuah impian bisa menjadi kenyataan bukan karena takdir, bukan pula keberuntungan. Ia bisa saja menjadi kenyataan karena adanya keinginan dan kerja keras.
A goal is a dream with a deadline. –Napoleon Hill
A goal is a dream with a deadline and a feasible plan. –Alanda Kariza


What do you need?
List down everything we need. Dengan menjabarkan hal-hal yang kita butuhkan, kita bisa mengetahui apa saja yang perlu kita persiapkan. Dengan begitu, meraih impian kemungkinan besar bisa terasa sedikit lebih mudah. We will have an idea on what to do first.
Being prepared also means reducing problems. –Alanda Kariza
If you don’t have plans, you’ll easily go off rails. Once you go off that cliff, I don’t think there will be a way back. –Joko Anwar.


Aim as high as possible
I’m a dreamer. I have to dream and reach for the stars, and if I miss a star then I grab a handful of clouds. –Mike Tyson.
Tidak ada salahnya member target tujuan untuk meraih sesuatu yang lebih besar, tinggi, dan spektakuler. Kita tidak perlu takut akan jatuh karena kita selalu bisa bangkit asalkan memiliki kemauan.

Have no plan B
Having no plan B makes us driven not to fail. –Alanda Kariza
Tidak memiliki ‘rencana cadangan’ bukan berarti tidak bisa berimprovisasi. Kita selalu bisa menanggulangi suatu masalah ketika hal tersebut telah terjadi. Terkadang, memiliki rencana B membuat kita tidak berusaha sekuat yang seharusnya untuk merealisasikan rencana A yang kita miliki. Mungkin ada baiknya untuk tidak memiliki rencan B sama sekali.


Failing is not that good
Ya, kita pasti akan mengalami kegagalan pada satu (atau beberapa) titik di dalam hidup kita. Hal yang terpenting untuk dilakukan adalah memastikan bahwa kegagalan tersebut memiliki efek positif yang besar dalam hidup kita.


Visualize you dream
Dengan memvisualisasikan mimpi, baik di pikiran, maupun dengan membuat daftar panjang berisi impian-impian, kita bisa memotivasi diri sendiri untuk meraihnya.

Semoga bermanfaat. Keep dreaming! Wassalam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...