February 16, 2013

Tahura Sultan Adam


Assalamualaikum Wr. Wb.
Di dalam mobil, banyak sekali brosur-brosur mengenai kehutanan dari Om saya yang memang bekerja di bidang tersebut. Ada beberapa brosur yang menarik perhatian saya.

Setelah diteliti lebih dalam, saya baru sadar brosur ini membahas tentang Mandiangin, tempat tour bersama X5 dulu : Wisata Mandiangin X-5

Ada banyak fakta yang baru saya ketahui beberapa menit yang lalu sebelum akhirnya memutuskan untuk ngacir ke laptop dan posting. Saya baru tahu namanya TAHURA (Tanaman Hutan Raya) SULTAN ADAM. Biasa disebut dengan Mandiangin ._.


Dan setelah baca-baca lagi, saya juga baru tahu Tahura Sultan Adam adalah Tahura terluas di Indonesia (di brosur di tulisnya gitu loh Mbak, Mas).

Di sana juga ada outbound-nya. “Sejak tahun 2010 Tahura Sultan Adam menambah wahana rekreasi outbound di obyek wisata Tahura Mandiangin. Bermain dari pohon ke pohon pada ketinggian 3 meter. Lima jenis tantangan permainan, meniti di jembatan ayun dan susunan balok yang bergoyang. Melayang dengan flying fox dari ketinggian 10 meter. Di pandu petugas yang berpengalaman. Alat-alat yang berstandar internasional. Keamanan dan keselamatan terjamin. Selamat bermain!!!”  Entah kenapa waktu kesana, Mas-mas penjaga outbound-nya nggak ada dan area outbound sunyi sepi :’’)

Daaaaan ternyata, ada official website-nya juga! http://tahurakalsel.web.id
Foto-foto pemandangan ini diambil langsung dari website-nya. Ketje badai ya.


POTENSI TAHURA SULTAN ADAM
·         Danau/Waduk P. M. Noor
·         Power Plant (PLTA)
·         Catchment Area
·         Keanekaragaman Flora
·         Keanekaragaman Fauna
·         Kawasan Wisata Alam
·         Kawasan Konservasi
·         Kawasan Pendidikan/Pelatihan
·         Penyerapan Carbon

Penduduk asli Banjarmasin nggak pernah kesini? Duh maaaaak, kasian sekali dikau. Maka bersegeralah!

PS : Jangan kesana musim kemarau, air terjunnya kering om :’)
Wassalam.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...