December 27, 2012

Mengatasi Bad Mood


Assalamualaikum Wr. Wb.
Mengawali hari dengan good mood adalah salah satu cara agar Anda dapat menjalani hari secara maksimal. Sementara untuk membentuk good mood, diperlukan beberapa hal. Termasuk menjauhkan musuh dari good mood, yaitu bad mood.

 

Saya adalah tipe orang yang mudah sekali berubah mood. Banyak sekali penyebab bad mood, seperti salah satunya adalah mendapat balasan sms “K”, “Yeah”, “Y”, “Tidak”, “Oh”. Hakhakhakhak fckthspeopleyeah! Atau ketika pekerjaan menumpuk dan sedang dikejar deadline.

Bad mood sangat mengganggu aktivitas. Rasanya mau apa-apa malas. Bahkan kalau dipaksakan malah menimbulkan emosi. Kadang, orang yang tak tahu apa-apa menjadi pelampiasan saat bad mood. Ada beberapa cara untuk mengatasi bad mood yang mengganggu.

1. Sadari bahwa anda sedang mengalami badmood 
Kunci utamanya adalah menyadari bahwa kamu sedang dilanda gejolak emosi. Bila kamu tahu kamu sedang marah, setidaknya kamu bisa menolong diri sendiri untuk meredakan kemarahan. Bad Mood biasanya tidak gampang dijabarkan dengan jelas, tetapi begitu kamu mengalami suasana hati yang runyam, segera sadari keadaan itu. Sadari juga efek dari  bad mood yang mengganggu aktivitas.
 
2.Tenangkan diri anda
Setelah kamu sadar bahwa kamu sedang kebakaran dalam api bad mood. Sekarang, tenangkan dirimu. Tarik nafas dalam-dalam berulang kali sampai ketegangan dalam diri kamu reda. Lakukan relaksasi sederhana, misal, bernafas secara teratur sambil memejamkan mata. Atau berdoa agar diberi kesabaran.

3. Selesaikan persoalan anda sesegera mungkin
Bad mood biasanya disebabkan oleh adanya persoalan. Maka menyelesaikan persoalan adalah pemecahan yang jitu. Jika kamu bertengkar, segera selesaikan, berdamailah dan saling maaf-memaafkan. Bila kamu berbeda pendapat dengan teman atau pasangan, lakukan diskusi dengan kepala dingin.  Jangan biarkan persoalan terus menggantung, itu memperpanjang penderitaan bad mood.

4. Bergerak, bergerak, dan bergeraklah

Jangan berdiam diri. Bergeraklah. Lakukan olahraga ringan. Buat diri kamu berkeringat dan lelah. Bila kamu diam saja, maka "ulat-ulat" emosi akan terus menggerogoti pikiranmu dan membuat kamu terbayang-bayang hal yang tidak-tidak. Bergerak, bergerak, dan bergeraklah.

5. Segarkan diri anda

Intinya sama dengan bergerak, lakukan sesuatu agar diri anda segar. Minum air putih banyak-banyak. Cuci muka dengan air segar. Makan dan minumlah sesuatu yang alami dan segar, seperti jus jeruk. Tetapi jauhi alkohol. Ia takkan banyak membantu, malah memperburuk saja. Jauhi gula, cokelat, makanan yang mengenyangkan, softdrink, dan sebagainya. Ini justru membuat anda kenyang, malas dan mengantuk. Kondisi demikian, alih-alih menjernihkan pikiran anda, malah memperbesar bad mood kamu saja.

6. Jauhi amarah, pikiran dan emosi negatif lain.

Marah dan emosi-emosi negatif itu menghabiskan energi. Bila kamu merasa bad mood sedang menyerang, kuatkan hati untuk tidak marah. Bersabarlah. Coba pandang wajah bad mood kamu di cermin. Tak menyenangkan bukan?

7. Bergembiralah dengan teman-teman anda.

Sebaliknya, dekati teman-teman kamu yang bisa memberikan kegembiraan. Temukan "refreshing" di sana. Tertawa dan tersenyumlah bersama mereka. Cegah bad mood dengan membina hubungan yang baik dan sehat dengan teman-temanmu. Hidup ini lebih mudah dilalui bersama mereka yang ceria ketimbang yang murung. Jangan tenggelam dalam kesedihan.

8. Berusahalah untuk lebih menikmati hidup ini.

Ya, semua "kecelakaan" atau kekacauan itu adalah bagian dari hidup. Terimalah itu apa adanya. Jangan berburuk sangka pada hidup ini. Pasti ada pelajaran di balik semua kesulitan. Nikmati saja.

9. Dengarkan lagu favorit.

Mendengarkan lagu favorit berirama cepat merupakan cara cukup efektif membangkitkan energi anda. Hal itu karena stimulasi melalui sistem pendengaran sangat berpengaruh pada mood seseorang. Jangan salah kaprah dengan mendengarkan lagu-lagu mellow. Yang ada kamu makin terpuruk dengan keadaan ini

Dikutip dari blog ini dengan perubahan seperlunya.
Wassalam


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...