December 17, 2012

Mashed Potatoes



Assalamualaikum Wr. Wb.
Apa kabar Anda ditengah hari hujan ini? Sesungguhnya,  turunnya hujan itu sebanding dengan turunnya air mata di pipi para mblo. Saya nggak termasuk lo ya.

Daripada hujan-hujan menggalau, mending berbuat sesuatu yang untuk sebagian orang jarang sekali dilakukan ; memasak. Kemarin, saya melihat banyak sekali stok kentang di kulkas. Mama langsung memutuskan untuk merebus kentang-kentang itu setelah dipotong terlebih dahulu. Katanya mau dibikin perkedel kentang.

Entah kenapa, saya sama sekali nggak tergiur membayangkan si perkedel. Yang meliuk-liuk di otak saya malah tulisan ‘mashed potatoes’. Akhirnya, browsing resep si mas-mas ini, dan menemukannya di Simple Dishes but Delicious

Scroll ke bawah dan saya melongo. Ebuset begini doang nih resepnya? Kemudian langsung terdiam, sombong amat saya -____-

Berdasarkan resep yang saya temukan, cara membuatnya sangat mudah, saya langsung ngasih tahu Mama. Numpang share resep sama pict-nya ya Mbak J

Bahan
½ kg kentang
1 gelas susu full cream (Mama menggunakan Ultra Milk plain)
Daun bawang, iris
Garam secukupnya
Mentega secukupnya

Cara membuat
Kentang dikupas dan dipotong-potong, rebus 25 menit
Tandanya kentang sudah matang dan sudah bisa untuk dihaluskan, begini
Jika kentang kita tusuk dengan garpu, dia akan hancur dan belah dengan sendirinya


Setelah itu, kentang bisa dihaluskan dengan memakai garpu
Lalu kentang kembali dipanaskan, dan ditambah segelas susu, seperti ini


Waktu susu dan kentang tercampur, jangan takut terlalu encer, karena kita harus panaskan sampai mendidih, aduk terus hingga kental.

Here we go, jadi deh mashed potatonya.Tinggal tambahin daun bawang dan mentega, diaduk lagi.


Diamkan kurang lebih 20 menit, susunya akan menyatu dengan kentang, dan akan jadi mashed potato yang creamy, tidak terlalu gumpal dan tidak terlalu halus


Nah, karena Mama sudah merebus kentang, yang diperlukan sekarang adalah susu, karena kebetulan stok susu dirumah habis. Ada Yakult sih, tapi nggak memungkinkan  untuk dipakai.
Tadi, sehabis pulang sekolah dengan keadaan mabuk kekenyangan, saya beringsut menuju dapur. “Mama sudah bikin mashed-nya loooh”, Mama datang dari arah ruang tv.

Saya tersenyum nista, pengeeeeeennn banget nyoba, tapi full-tank. Nggak bisa dimasukkin apa-apa lagi. Maafkan anakmu ini Ma. Padahal tadi pagi Mama bilangnya nggak enak badan, eh ternyata malah masakkin mashed potatoes :’)

Akhirnya saya menyerah, dan mulai menyuap mashed potatoes. Hmmmmm ENAAAAAAKKKKKKK!!!! Hiks, terharu.

Karena cara membuatnya gampang (meskipun bukan saya yang buat), jadilah saya menyarankan untuk membuat mashed potatoes jika sedang kebanjiran stok kentang di rumah. Bisa ditambahkan dengan jamur, smoked beef, dan lain-lain. Mama menambahkan jagung, jadi saat dimasukkan kemulut, tekstur mashed potatoes yang lembut berpadu dengan jagung yang krenyes-krenyes.

Hujan cipok buat Mama
Wassalam 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...