November 9, 2012

Plastic Bag Diet



Assalamualaikum Wr. Wb.

Kantong plastik sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Coba analisa, apakah Anda pernah tidak menggunakan satu kantong plastik pun? Baik itu sebagai pembungkus makanan yang Anda beli, sachet kemasan minuman, mi instan, atau bahkan botol-botol  sekali pakai yang juga terbuat dari plastik?

Kantong plastik membutuhkan waktu terurai yang lama. Dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. 




Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

Belum lagi polusi yang ditimbulkan oleh knalpot kendaraan bermotor, rokok, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Jika mengurangi bepergian dengan kendaraan bermotor, mengurangi rokok dan kebakaran hutan susah untuk kita, maka setidaknya mengurangi kantong plastik menjadi alternatif untuk menyelamatkan Bumi.


Diet kantong plastik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Yang penting dan utama adalah NIAT. Karena dengan niat, semuanya akan berjalan dengan lancar tanpa keterpaksaan.

Salah satunya adalah dengan membawa tas belanja atau kantong plastik bekas yang masih layak pakai saat berbelanja ke supermarket. Bayangkan saja saat Anda berbelanja, tiba di kasir dan sebelum si  Mbak-mbak memasukkan belanjaan ke kantong plastik, langsung tegur dengan sopan “Maaf Mbak, nggak usah pakai plastik, saya bawa tas sendiri. Terima kasih.”

Nah, rasakan saja sensasinya. Berasa jadi orang paling cool sejagat komplek rumah. Ini seriusan, saya sudah membuktikannya. Jangan hiraukan tatapan judes si Mbak-mbak, ingat dan selalu yakinkan hati bahwa niat Anda baik ; menyelamatkan Bumi.

Saat ini banyak yang menjual tas-tas  untuk Anda bawa belanja. Jadi, selain menyelamatkan Bumi, Anda pun bisa modis dengan tas belanja yang trendi. Selain itu, Anda juga melakukan penghematan dan tentu saja lebih efektif karena tas belanja kain dapat digunakan berkali-kali. Salah satunya bisa Anda temukan di tasbaGoes . Setidaknya sisipkan satu tas kain di mobil atau jok motor untuk berjaga-jaga jika suatu-waktu diperlukan.


Saya pernah dapat pengalaman di salah satu toko buku yang mungkin mengharuskan pembelinya menggunakan plastik yang mereka sediakan. Saat itu, kebetulan hanya Ayu yang pergi ke sana, sementara saya duduk anteng di rumah, menunggu Ayu yang saya titipi untuk beli novel.

Dengan semangat menggebu-gebu, saya mengompori Ayu agar tidak meminta plastik dari toko buku itu. Toh, belanjaan kan bisa dimasukkan dalam tas. Ayu, awalnya memang sempat takut, tapi karena saya terus menghasutnya melalui sms, akhirnya Ayu menyerah dan bersedia untuk ikut berdiet kantong plastik. *Terharu*

Setelah sekian lama menunggu, Ayu akhirnya tiba dirumah saya dan mengantar novel titipan saya dengan selamat. “Mbak-mbaknya tadi sempat ragu, Pur. Mungkin nggak boleh nggak pakai plastik kali ya? Tapi akhirnya Mbaknya bilang gini ya sudah, bukunya aja yang di kasih cap ya.”, Ayu melapor.

Saya terharu, teman saya akhirnya juga ikut dalam berdiet kantong plastik, hiks. Saya sendiri, masih belum disiplin dalam menerapkan diet kantong plastik. Tapi Alhamdulillah masih bisa mengendalikan, karena saya lumayan jarang belanja, haha.

Bisa juga dilakukan dengan mengendalikan konsumsi botol-botol plastik sekali pakai. Dengan cara membawa bekal minum sendiri dari rumah. Efeknya? Hemat dan menyelamatkan Bumi.

Mau menyelamatkan Bumi sekaligus mendapatkan keuntungan? Anda bisa memulai bisnis dengan memanfaatkan sampah-sampah plastik bekas. Referensi di internet sudah banyak.

Negara-negara lain, bahkan sudah lebih dulu ‘menyadari’ betapa bahayanya penggunaan kantong plastik yang berlebihan dan mulai mempraktikkan diet kantong plastik.

Los Angeles Larang Penggunaan Kantong Plastik 

108CSR.com -  Pemerintah Los Angeles melarang keras penggunaan kantong plastik sebagai wadah pembungkus barang belanjaan. Pemerintah  disana telah memprogramkan  16 bulan ke depan, untuk penghapusan kantong plastik di toko grosir ini akan diberlakukan pada 7500 toko di Los Angeles. Sebagai penggantinya, konsumen harus membawa sendiri tas daur ulang ataupun tas yang bisa dipergunakan lagi. 

Los Angeles menjadi wilayah selanjutnya di California dalam pelarangan kantong plastik ini, setelah San Jose, San Fransisco, dan Long Beach. Di California, ada beragam peraturan mengenai kantong plastik. Ada yang diberlakukan pada toko retail dan restoran, dan ada juga yang hanya berlaku di supermarket. 

Nantinya akan ada evaluasi kondisi lingkungan selama 4 bulan ke depan. Restoran dan supermarket akan diberi waktu 6 hingga 12 bulan untuk benar-benar menghilangkan penggunaan kantong plastik, bergantung dari besar kecilnya gerai tersebut. Setelah itu, ada denda 10 sen untuk setiap satu kantong plastik yang masih digunakan untuk membungkus belanjaan. 

Karena adanya larangan tegas mengenai kantong plastik ini, masyarakatpun jadi makin terbiasa menggunakan tas yang mereka bawa sendiri dari rumah. "Menurut saya, hal tersebut sudah menjadi bagian dari kebiasaan orang-orang di sini," kata David, warga San Fransisco. (ard/int) 

Dikutip dari : sini

Mari mulai dari diri sendiri. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tapi, saat keadaan bumi sudah mengkhawatirkan dan tak mungkin lagi untuk mencegah kerusakan, maka ini saatnya kita untuk mengobatinya. Bumi tak punya waktu untuk menunggu, jadi lakukanlah sesegera mungkin.

Kita tidak mewarisi Bumi dari nenek moyang, tapi meminjamnya dari anak cucu kita.

Wassalam.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...